Ikan gabus/ Kutuk (Channa striatus) merupakan ikan air tawar yang mudah dijumpai di Indonesia. Rasanya lezat dan manfaatnya ternyata bagus untuk kesehatan tubuh.

Sudah lama manfaat ikan gabus diklaim dapat membantu penyembuhan penyakit. Di Malaysia, ikan gabus dipercaya dapat mengobati luka dan memulihkan cedera.

Bahkan, zat albumin di dalam ekstrak ikan gabus dianggap bisa mencegah peradangan pada pasien yang terinfeksi COVID-19.

Menurut penelitian, asam amino esensial dan asam lemak menjadi beberapa contoh kandungan ikan gabus. Asam lemak dapat mempercepat penyembuhan luka.

Berikut ini beberapa khasiat ikan gabus yang dapat Anda peroleh: 

1. Baik untuk Kesehatan Otot

Untuk membentuk otot, tubuh membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tidak jarang orang yang pergi ke gym untuk melatih otot juga mengonsumsi susu mengandung protein tinggi guna membantu pembentukan otot.

Asupan protein dapat ditingkatkan dengan konsumsi makanan tinggi protein, salah satunya ikan gabus.

Kandungan protein pada ikan gabus sangat tinggi dibanding jenis ikan lain yang sering dikonsumsi.

Sebanyak 100 gram ikan gabus dapat memberikan 25,2 gram protein. Itulah mengapa manfaat ikan gabus untuk membentuk otot tubuh tak bisa diremehkan.

2. Memelihara Keseimbangan Cairan Tubuh

Ikan gabus memiliki kandungan protein tinggi, terlebih kandungan albuminnya. Albumin berperan untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Kondisi orang yang mengalami kekurangan albumin adalah asites atau berlebihnya cairan di rongga perut, seperti pada pasien gangguan hati.

3. Menjaga Metabolisme Pencernaan

Daging ikan gabus memiliki struktur yang lebih mudah dicerna dibandingkan sumber protein lain seperti daging. Oleh karena itu, makan ikan gabus tidak akan memperberat proses pencernaan.

Ikan gabus hanya memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging, yaitu sekitar 3-5 persen dari total kandungan protein kolagen.

4. Memperbaiki Gangguan Gizi

Manfaat ikan gabus selanjutnya adalah memperbaiki masalah gizi. Anak yang memiliki gangguan tumbuh kembang sering disebabkan oleh asupan gizi yang kurang baik. Anak bisa mengalami gizi kurang hingga gizi buruk.

Konsumsi ikan gabus dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi. Namun, pastinya harus diseimbangkan dengan komponen gizi lainnya.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Khasiat ikan gabus untuk penyembuhan luka sudah dikenal sejak lama. Pasalnya, untuk mempercepat penyembuhan luka, diperlukan kadar albumin yang cukup pada tubuh.

Kadar albumin pada daging ikan gabus cukup tinggi, sehingga membantu proses penyembuhan luka pada tubuh.

6. Baik untuk Kulit

Selain mengandung albumin, ikan gabus juga mengandung kolagen. Kolagen sangat baik untuk kulit dan merupakan komponen utama pada kulit.

Kolagen dapat memperkuat kulit serta sangat bermanfaat untuk elastisitas dan hidrasi.


Demikian enam manfaat ikan bagus bagi kesehatan. Namun, sangat penting untuk tetap menjaga konsumsi makanan dengan seimbang, supaya khasiat ikan gabus pun didapatkan optimal.


Sumber : klikdokterdotcom