Ikan bakar dikenal berbagai kalangan memiliki cita rasa khas. Sebelum dibakar, oleh juru masakanya akan direndam dahulu di larutan bumbu maupun dilumuri kecap.

Bahkan saat proses pembakaran, secara bertahap juga diolesi kecap/larutan bumbu.

Ketika disajikan dengan dijodohkan bahan lain seperti sambal, sayur lalapan maupun nasi hangat akan memberi rasa lezat serta kenikmatan tersendiri.

Selain itu mempunyai nilai gizi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jika datang ke Gubuk Makan Iwak Kalen, beberapa jenis ikan laut pun siap dibakar sesuai pesanan.


Konsumen dapat memilih jenis ikan laut untuk dimasak bakar, misalnya ada kembung, kerapu, bawal laut, kakap merah, barakuda dan kakap putih.

Bahkan ada pula nasi goreng dengan tambahan olahan seafood (nasi goreng seafood) yang layak dipesan untuk dinikmati kelezatannya.


Adapun beberapa keunggulan dari sebagian ikan laut (dilansir dari beberapa sumber), antara lain sebagai berikut:

-Ikan kerapu, misalnya dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, rendah kalori, sebagai sumber vitamin/mineral, sebagai sumber asam lemak omega-3, dan menjaga maupun meningkatkan imunitas tubuh.

-Ikan kembung, mengandung omega-3 antara lain membantu mencegah risiko terkena penyakit jantung, membantu mengontrol kadar gula dalam darah pada penderita penyakit diabetes, vitamin D-nya membantu mempercepat absorpsi kalsium yang bisa memelihara serta menguatkan tulang.

-Ikan barakuda, bagus untuk metabolisme tubuh, mendukung kesehatan paru-paru, menjaga kesehatan mata, vitamin B-nya antara lain bisa membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem syaraf agar berfungsi normal.

-Ikan kakap, kandungan vitamin A-nya antara lain mendukung kesehatan mata, kandungan omega-3 antara lain dapat membantu mengurangi risiko gangguan kesehatan pada antung serta bagus untuk kesehatan tulang.

-Ikan bawal laut, antara lain bagus untuk menjaga kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, mengurangi risiko stroke, mendukung kesehatan tulang dan menstabilkan tekanan darah.

Sedangkan jenis ikan air tawar yang biasa dimasak bakar atau cocok dijadikan ikan bakar, misalnya ada lele, nila, bawal dan gurame. Untuk yang non-ikan, pilihannya antara lain bisa ayam bakar dan iga sapi bakar.

Penasaran dengan cita rasanya? Silakan pesan, baik dimakan di tempat atau dibungkus....


foto: Barakuda termasuk ikan laut yang cocok dijadikan ikan bakar



Sulistiyanto