SEBAGIAN jenis ikan air tawar, seperti kutuk (gabus) dan beyong beong/baung) cocok dimasak mangut. Masakan ikan jenis seperti ini ada kuah santannya, menjadikan cita rasanya gurih, pedas, segar, lembut dan lezat.

Tak kalah penting, baik olahan ikan kutuk maupun beyong juga diyakini mempunyai banyak manfaat kesehatan. Dengan kata lain, bisa mendukung kesehatan tubuh secara alami.


Beberapa sumber menyebutkan, daging ikan gabus mengandung albumin. Kandungan albumin antara lain dapat membantu mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah ataupun rusak.

Bahkan albumin juga dapat membantu menyingkirkan radikal bebas di tubuh. Termasuk pula membantu mengatur tekanan osmotik di dalam darah.


Dibandingkan jenis ikan tawar lainnya, albumin dalam ikan gabus masih paling tinggi. Dengan kemampuan membantu mempercepat penyembuhan luka, baik dalam maupun luar. Sehingga suatu hal yang wajar, jika olahan ikan tersebut cocok untuk rutin dikonsumsi bagi siapa saja pasca operasi, anak-anak usai dikhitan, patah tulang maupun kaum hawa pasca melahirkan.

Selain itu diyakini pula bisa berperan dalam meredam aneka gangguan kesehatan seperti thypus, hepatitis, infeksi paru, diabetes, stroke dan radang/pembengkakan.


Sedangkan masakan ikan beyong, misalnya dimasak mangut selain membantu mempercepat sembuhnya luka, masih banyak manfaat kesehatan lainnya, antara lain dapat membantu memperbaiki gizi buruk pada bayi/usia anak dan ibu hamil.

Tak ketinggalan, dapat pula membantu metabolisme tubuh,  sebagai sumber energi, menghindarkan risiko terjadinya penyakit pellagra (kekurangan niasin/vitamin B3 serta bisa  membantu penyerapan nutrisi.

Manfaatnya bagi sistem saraf dan otak, misalnya memberikan manfaat neurologis, mendukung mood (suasana hati),  membantu tetap fokus (kemampuan konsentras),  meminimalkan risiko terserang  stres dan mendukung  fungsi otak.


Lalu bagi kesehatan tulang (sistem rangka), misalnya dapat menjaga dan meningkatkan pertumbuhan tulang, menopang kesehatan tulang serta meminimalkan tulang keropos.

Adapun untuk kesehatan kelenjar, hormon enzim, misalnya dapat berperan dalam produksi hormon serta sebagai katalisator ratusan enzim. Untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, misalnya bisa bertindak sebagai antioksidan dan memperbaiki kekebalan tubuh.


Ketika merasa repot memasak sendiri  masakan berbahan kutuk maupun beyong seperti wujud mangut, bisa datang ke semua outlet Gubuk Makan Iwak Kalen, berikut ini :

  1. Gubuk Makan Iwak Kalen Godean (Pusat) ,  Jl. Godean km.9  Genitem,  Sidoagung, Godean, Sleman, 085100150801.
  2. Gubuk Makan Iwak Kalen Cebongan, Jl. Purbaya (Cebongan-Warak) km. 1, Jodag, Sumberadi, Mlati, Sleman. 087845791321.
  3. Gubuk Makan Iwak Kalen Gamping, Jl. Patukan-Bibis, Mejing Kidul, Ambarketawang, Gamping, Sleman. 087820007639.
  4. Gubuk Makan Iwak Kalen Kampung Sumilir, Jl. Godean km. 5, Guyangan, Nogotirto, Gamping, Sleman. 087834434004.
  5. Gubuk Makan Iwak Kalen Bok Renteng, Perempatan Balangan, Nyangkringan, Sendangrejo, Minggir, Sleman. 087834448357.
  6. Gubuk Makan Iwak Kalen Kota Wates, Jl. Moh. Dawam, Wates, Kulon Progo. 081818468668.
  7. Gubuk Makan Iwak Kalen Banyu Bening Nanggulan, Jl. Kenteng-Kaligesing km. 2, Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo. 087827712200.


Khususnya ikan kutuk (gabus) dapat pula dibeli mentah, ataupun sudah dimasak jenis masakan lain, seperti goreng, bakar kecap, bakar pedas, bakar madu, rica-rica dan sop.


Info selengkapnya, seputar ikan kutuk dan beyong bisa pula menghubungi no WA: 088216485213 (Pak Man- Iwak Kalen)



Sulistiyanto